Jika harus menyebut instrumen kepemimpinan serbaguna, jawabannya adalah komunikasi. Penyebab jatuh bangunnya segala sesuatu adalah kepemimpinan. Penyebab jatuh bangunnya kepemimpinan adalah komunikasi. Oleh karena itu, pada saat memimpin tim, ingatlah selalu tips brilian dalam komunikasi, yaitu:
- Tetaplah konsisten. Ada 2 jenis pemimpin yang selalu membuat anggota tim frustasi, yaitu pemimpin yang tidak mampu membuat keputusan, dan pemimpin yang tidak dapat menjaga konsistensi komunikasinya. Kedua hal itu tentu saja membuat anggota tim tidak yakin bahwa mereka bisa mengandalkan pemimpin dan ucapannya.
- Berkomunikasilah dengan jelas. Tim tidak akan dapat melaksanakan rencana Anda jika tidak tahu apa yang Anda inginkan. Jangan coba-coba menyilaukan siapa pun dengan kecerdasan Anda. Buatlah orang terkesan dengan kejujuran Anda.
- Jagalah kesopanan. Setiap orang layak diperlakukan dengan santun, apa pun posisi orang itu. Dengan bersikap sopan terhadap anak buah, Anda membawa keselarasan bagi organisasi secara keseluruhan.
Jangan lupa, komunikasi seorang Pemimpin harus bisa menciptakan keselarasan hubungan antara para anak buah. Tim senantiasa mencerminkan pemimpinnya. Komunikasi yang baik bukanlah komunikasi satu arah. Komunikasi tidak boleh bersifat top-down atau bergaya diktator. Pemimpin yang brilian akan mendengarkan, mengajak dan mendorong partisipasi anggota tim.
Jadi, pertanyaannya apakah komunikasi Anda dapat menciptakan hubungan yang baik dengan orang-orang yang Anda pimpin?
(Ayo baca juga: TIPS AMPUH UNTUK PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN ORANG-ORANG ANDA).
(Ayo baca juga: TIPS AMPUH UNTUK PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN ORANG-ORANG ANDA).
Pasti bermanfaat.
Tolong supaya artikel ini dishare ya...
Terima kasih.
Always Be Brilliant!!!
Postingan yg bagus.. Trims ya
BalasHapusTerima kasih Pak Kurniawan, semoga bermanfaat ya..
HapusKunjungi setiap hari secara rutin untuk mendapatkan motivasi dan tips kepemimpinan.
Tolong bantu untuk share ke yang lain, mungkin diantara mereka ada yang membutuhkan.
Always Be Brilliant!!!